Kamis, 24 Februari 2011

Anjungan Kalimantan Barat

Ini adalah beberapa hasil foto yang saya ambil di Anjungan Kalimantan Barta di TMII. Salah satunya adalah foto disamping, anjungan Kalimantan Barat yang saya lihat ini cukup mengaambarkan keadaan dan bentuk rumah adat Kalimantan Barat yang sebenarnya.
 Menurut saya bangunan adat ini sangat tradisional dan kulturistik, Keadaan dan gambaran masyarakatnya sangan terlihat pada setiap lekuk bengunana tersebut. Lihat saja bentuk atapnyayang tidak dari genting, melainkan dari serat-serat pepohonan. Panggung bangunannya juga yang terlihat lerbih berbeda dari beberapa bangunan rumah adat yang lainnya.

Saya juga menemukan hal unik lainnya pada rumah adat Kalimantan Barat ini, lihat saja tanggatangga yang melintang dari pintu depan rumah adat ini sepanjang panggungnya. Tangganya hanya berupa batang pohon yang dicoak beberapa, (tidak sampai patah) sebagai tumpuan kaki atau tangan untuk menaiki rumah tersebut, kreatifitas yang luar biasa bagi para masyarakat sukunya ditengah kemajuan teknologi yang ada. Hampir semua rumah adat di Kalimantan Barat yang ditinggali suku asli mereka, memakai konsep dan bentuk bangunan yang sama, dengan atap yang terbuat dari serat pohon, dindingnya yang terbuat dari kayu, pagarnya, dan tangganya, semua hal yang tradisional begitu melekat pada keseharian mereka.

patung Ini juga ada contoh patung suku Dayak. Suku yang berasla dari Kalimantan Barat. Patung-patung ini banyak mereka gunakan untuk disembah atau penjaga mereka, semacam berhala. Masyarakat suku Dayak mempercayai, bahwa didalam patung-patung tersebut bersemayam roh nenek moyang mereka, yang dapat memberikan kebahagiaan bagi kehidupan mereka. Patung-patung ini juga seringkali diletakkan didepan pintu rumah-rumah mereka, atau disamping-samping tangga yang menuju pintu atas. Karena dipercaya, roh nenek moyang yang berada di dalamnya dapat menjaga dan memperingati mereka akan bahaya yang akan datang pada penghuni rumah tersebut, atau keluarga mereka. Karena nenek-nenek moyang tersebut adalah pendahulu mereka, atau orang tua mereka dimasa lampau, maka roh-roh tersebut tidaka akan mau cucu-cucunya mendapatkan penderitaan.
Sumber :http://anggamarbels.ngeblogs.com/2010/01/08/anjungan-kalimantan-barat/

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 

The Island Of Borneo Copyright © 2011 Template Blog Is Designed by SiNyO